Tentang Kami

Kami menjual kacang mede atau yang dipasaran biasa juga disebut kacang mete atau mente yang diolah menjadi 7 aneka rasa, yaitu : Asin (original), Thailand, Chrispy (tepung), Pedas, Madu, Wijen, dan Keju. Untuk memenuhi keinginan pasar dan menjaga kualitas produk kacang mede ini, maka kami mengemasnya menggunakan Plastik Polipropilena (PP) tebal 0,8 mm, dalam ukuran 500 gram dan ukuran bal-balan (1 ball = 10 kg). Selain dibungkus dalam kemasan plastik kami juga menyediakan kemasan yang lebih eksklusif dalam bentuk toples bunga.

Usaha ini diawali di Bulan Ramadhan tahun 2007 dengan mencoba-coba sebagai reseller kacang mede kecil-kecilan. Hanya bermodal uang pas-pasan kami memberanikan diri untuk membeli 1 ball kacang mede rasa asin/original ke salah satu distributor Kacang Mede Sulawesi yang ada di daerah Bekasi (1 ball = 10 kg). Kami memilih Kacang Mede dari sulawesi (bukan dari Wonogiri) dengan alasan rasanya lebih renyah dan gurih.

Jauh-jauh kami angkut 1 ball kacang mede tersebut menggunkan motor dari Bekasi untuk dibawa pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, kacang mede dibagi ke dalam kemasan plastik 500 gram menggunakan timbangan kue analog karena belum punya timbangan digital. Setelah selesai dibagi dan ditimbang, lalu setiap kemasan 500 gram tersebut di seal menggunakan lilin, karena belum punya mesin sealer listrik (hehe.. jadi nostalgia.. inget jaman dulu..).

Dari 1 ball kacang mede jadilah 20 bungkus kacang mede ukuran 500 gr yang siap untuk dijual. Waktu itu kami hanya menjual ke teman-teman kantor saja. Alhamdulillah laris manis, dan banyak permintaan.., akhirnya dari tahun ke tahun usaha ini kami tekuni untuk memenuhi permintaan para pelanggan kami. Semua proses dari mulai penimbangan, pengepakan, dan pengiriman kami laksanakan sendiri, tanpa pegawai. Dari tahun 2007 hingga 2011, kami jarang sekali mempromosikan usaha ini secara massal, kami hanya menawarkan kepada teman-teman dekat, dan teman-teman di BBM. Sehingga kuantitas penjualan kami hanya mencapai ratusan kilogram saja.

Pada Tahun 2012, kami mencoba untuk memperbaiki sistem penjualan kami diiringi dengan meningkatkan mutu/kualiats produk kami. Alhamdulillah angka penjualan kami merangkak naik hingga dapat melampaui 1 ton. Pada tahun 2014 kami mencoba untuk memikirkan sebuah branding untuk produk kacang mede ini, akhirnya dipilihlah brand “ratumede”. Kemudian dibuatlah Fanpage di Facebook dan Account Twitter  dengan nama “ratumede”.

Berkat Rahmat Allah SWT, setelah kami berupaya memiliki branding, memperbaiki metode penjualan, dan merekrut pegawai dengan cara memberdayakan warga sekitar, kuantitas penjualan kamipun melonjak cukup signifikan, yakni hingga mencapai 7 ton kacang mede pada musim lebaran 2014 yang lalu. Kemudian pada bulan April tahun 2015, walaupun belum sempurna, kami coba untuk melaunching website ratumede.com, dengan harapan semoga dapat mendongkrak angka penjualan kami dan dapat merekrut lebih banyak pegawai dengan cara memberdayakan warga di sekitar kami.

Sejak tahun 2012, dalam menjalankan usaha kacang mede ini, kami melayani pembelian baik grosir maupun eceran. Pembelian grosir biasanya  dilakukan oleh para reseller untuk dijual kembali, sedangkan pembelian eceran biasanya dilakukan oleh konsumen akhir untuk konsumsi sendiri.

Jika setelah membaca tulisan ini anda  tertarik dan berani untuk mencoba menjadi reseller kacang mede seperti yang pernah kami jalani, kemungkinan besar anda akan bisa sukses jika mau menekuninya lebih serius. Walaupun hanya sebagai usaha sampingan dan musiman, kami merasakan usaha ini cukup menguntungkan/menjanjikan, karena dengan menjadi reseller kacang mede kami, anda bisa meraup margin yang cukup tinggi, yaitu berkisar 20% hingga 30%.

Anda tentu akan tertarik melihat margin keuntungan 20%-30%, namun sekaligus bertanya kenapa bisa begitu tinggi keuntungan dari usaha kacang mede olahan??

Berikut kami sampaikan sedikit simulasi berdasarkan data tahun 2014 yang lalu :

Jika anda menjadi reseller/agen kami, maka anda cukup mengeluarkan modal Rp. 94.000 per kilogram, dan anda bisa menjualnya ke konsumen Rp. 120.000 sampai Rp. 130.000 per kilogramnya. Jika anda mau lebih kreatif dan mengemasnya dalam tolples kemudian dipercantik dengan hiasan pita, maka keuntungannya bisa lebih tinggi lagi.

Bagaimana?? apakah anda tertarik ?? Silahkan hubungi kami melalui BBM, SMS, ataupun WhatsApp, selain itu anda juga bisa datang ke Workshop kami.

Salam hangat,

RatuMede